Jumat, 30 April 2010

Mengirim File Attachment Secara Hemat

Anda sering menyisipkan attachment pada pesan email ? Attachment relatif memperlambat proses kirim email anda dan memakan bandwitdh cukup banyak.

Hal serupa tentu dialami sang penerima email. Berikut ini tip hemat dan cepat dalam mengirim email yang disertai file attachment:
v 1.  Pastikan file yang akan anda attach telah anda mampatkan ukurannya terlebih dahulu (misalnya dengan WinZip atau WinRAR). Tujuannya tentu saja selain menghemat bandwidht, proses kirim juga menjadi lebih cepat. Manfaat seruapa juga akan diperoleh oleh penerima file saat mendownload attachment.
v 2. Beberapa penyedia layanan email membatasi jumlah file attachment dan ukurannya. Pecah attachment anda menjadi beberapa file terlebih dahulu. Jika jumlah file terlalu banyak, kirim dalam beberapa email.
v 3. Jika sebuah file attachment terlalu besar ukurannya (bahkan setelah di-zip sekalipun), maka gunakan software pemecah file, misalnya File Splitter (http://www.filesplitter.org/) . tool ini memungkinkan anda memecah sebuah file menjaadi beberapa file degan ukuran sesuai keinginan anda. Potongan-potongan file ini lah nantinya yang akan anda kirimkan dalam beberapa email (sesuai batas yang ditentukan).
v  4.Jika anda ingin mengirimkan sejumlah file yang sama kepada beberapa penerima, atau mengirimkannya secara periodik (misalnya file penawaran produk atau presentasi), maka jangan gunakan attachment. Lebih baik file-file yang rutin anda kirimkan anda upload ke sebuah hosting gratis di internet. Anda cukup menuliskan URL file-file yang telah anda upload ke dalam pesan email. Rekan penerima email dapat mendownload file melalui link download yang anda berikan. Anda cukup menuliskan URL download file setiap mengulang pengiriman email ke pihak lain. Jika tidak memiliki hosting, berikut beberapa layanan upload file gratis yang dapat anda manfaatkan:
-          http://indoupload.net
-          http://files-upload.com
-          http://www.megaupload.com
-          http://www.filefactory.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar